13/08/2024

PENGUATAN NUMERASI

PENGUATAN NUMERASI

Sejak tahun 2000, Indonesia berpartisipasi dalam Programme for International Student Assessment (PISA), Progress International Reading Literacy Study (PIRLS), dan Trends in International Mathematics and Science Studies (TIMSS).Selain itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menyelenggarakan tes serupa yaitu Indonesia National Assessment Program (INAP) atau Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia(AKSI). 

Di Indonesia, saat ini literasi dan numerasi merupakan komponen utama dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai pengganti Ujian Nasional. Dalam AKM, kapasitas siswa diukur terkait dengan kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), selain kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi) dan penguatan pendidikan karakter. 

Numerasi adalah kemampuan memahami dan menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar dan menganalisis informasi yang ditampilan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dan lain sebagainya) untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.

Berikut Paparan Penguatan Numerasi di SMK 3 Sungguminas Gowa  

Workshop Penguatan Lietarasi Numerasi. Sungguminasa 14 Agustus 2024.

[Ilustrasi Gambar] Kuliah Matematika Bisnis Semester Antara. Kuliah dimulai dengan  perbincangan contoh sederhana. Produsen Jalangkote, biasanya butuh input apa saja. Singkat cerita, cerita jalangkote digunakan untuk menjelaskan Konsep Himpunan dan penerapan fungsi. 

 PANDUAN LITERASI NUMERASI DI SEKOLAH 

0 comments: